Waduk Seloromo, Waduk Sinematik Dihiasi Sabana yang Cantik


Waduk Seloromo Pati, Jawa Tengah mejadi sorotan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Waduk Seloromo ini biasa juga disebut Waduk Gembong tepatnya berada di lereng Gunung Muria.

Sedikit mengulas sejarah Waduk Seloromo, ternyata waduk ini dibangun sejak masa kolonial yakni pada tahun 1930. Pihak Belanda pada waktu itu ingin membuat sebuah waduk untuk difungsikan sebagai bendungan dan sumber pengairan bagi kehidupan masyarakat setempat.

Diketahui bahwa Waduk Seloromo ini adalah waduk kedua yang dibangun oleh kolonial Belanda di Pati setelah Waduk Gunung Rowo. Jarak antara Waduk Seloromo dan Waduk Gunung Rowo juga tidak begitu jauh.

waduk seloromo
waduk seloromo. google maps. sumber: Yudhi Prabowo

simak juga: tempat wisata di pati

Meski telah dibangun berpuluh-puluh tahun lamanya, Waduk Seloromo makin memikat hati para pengunjung dengan daya tarik wisata yang ditawarkan.

Tentu hal yang pertama diburu wisatawan adalah viewnya yang indah dan tempatnya yang cocok untuk refreshing, kamu bisa menghabiskan waktu liburanmu bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman nongkrongmu.

Lokasi Waduk Seloromo

Waduk Seloromo berlokasi di Desa Selorejo, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Jalan menuju Waduk Seloromo bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Jika berangkat dari Alun-alun Pati, kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 32 menit perjalanan, dengan jarak 16 km.

Dari Alun-alun Pati, ambil arah utara di Jalan Raya Pantura/ Jalan Raya Pati/ Jalan Raya Tuban-Semarang/ Jalan Tombronegoro menuju Jalan Sudirman. Lalu belok kiri ke Jalan Dr. Wahidin/ Jalan Raya Pantura/ Jalan Raya Pati/ Jalan Raya Tuban-Semarang, sejauh 1,4 km.

Selanjutnya arahkan kendaraanmu ke Jalan Sunan Kalijaga, lewati Griya Perum 4. Tetap dijalan tersebut hingga kamu sampai di tempat wisata tujuanmu,  Waduk Seloromo.

tak pernah sepi pengunjung
tak pernah sepi pengunjung. google maps. sumber: Abram Adityawarman

simak juga: alun alun pati

Jam Buka Waduk Seloromo

  • Waduk Seloromo buka setiap hari dari Senin sampai Minggu.
  • Jam operasional tempat wisata ini 24 jam.

Harga Tiket Waduk Seloromo

  • Harga tiket masuk Waduk Seloromo Rp. 3.000,- according to orang.
  • Harga parkir Motor Rp. 3.000, dan
  • Parkir Mobil Rp. 5.000,- according to kendaraan.

Fasilitas Waduk Seloromo

Fasilitas wisata yang ada di Waduk Seloromo diantaranya:

  • Bathroom,
  • Mushola,
  • Warung Makanan dan minuman,
  • Tenting Floor,
  • House Parkir Kendaraan,
  • Spot Foto.
menikmati senja
menikmati senja. google maps. sumber: Nailan Niam

simak juga: hutan kota kalidoro

Daya Tarik Waduk Seloromo

1. View Waduk yang Menenangkan dan Sabana yang Cantik

Waduk Seloromo menyuguhkan scene alam yang mempesona. Matamu akan dimanjakan dengan waduk yang begitu luas, airnya yang jernih, serta arusnya yang tenang.

Dengan menikmati pemandangan Waduk Seloromo dan merasakan semilir angin yang terhembus, segala penat dan tension yang kamu rasakan berangsur hilang.

Selain itu, padang rumput yang luas bak sabana juga mengelilingi Waduk Seloromo dengan cantiknya. Sabana ini merupakan tempat really helpful untuk melakukan berbagai hiburan menyenangkan bersama mereka yang tersayang.

2. Pesta Barbecue (BBQ) bareng Keluarga

Barbequean emang paling seru dilakukan di alam terbuka ya, apalagi dapat bonus keindahan alam. Aktivitas BBQ ini biasa dilakukan wisatawan di padang rumput yang menghadap langsung ke Waduk Seloromo.

Kebersamaanmu bersama keluarga akan semakin terjalin dengan melakukan aktivitas seru di tempat wisata ini. Kelezatan makanan yang kamu buat pun akan semakin nikmat jika disantap bersama keluarga.

camping di waduk seloromo
tenting di waduk seloromo. google maps. sumber: wagiyo Adventure

simak juga: goa wareh

3. Aktivitas Tenting yang Nyaman dan Aman

Saat berkunjung ke Waduk Seloromo, rasakan juga sensasi tenting yang berkesan di tempat ini. Berbagai macam kegiatan menyenangkan bisa kamu lakukan saat tenting di Waduk Seloromo, seperti penjelajahan, mendendangkan lagu bersama, menikmati keindahan Sundown dan Daybreak yang indah, dan juga berbagai kegiatan seru lainnya.

Tenting di Waduk Seloromo terbilang nyaman dan aman, apalagi bagi para pemula. Berbagai fasilitas penunjang sudah tersedia disini, jadi kamu tidak perlu jauh mencari keluar house waduk.

4. Tempat Pre-Wedding ceremony Ala-ala

Bagi kamu yang bingung cari tempat keren di alam terbuka untuk kebutuhan foto atau video Pre-Weddingmu kayaknya kamu wajib berkunjung ke tempat ini deh.

Waduk Seloromo sangat kental dengan nuansa alamnya yang sinematik. Kamu bisa foto dengan berbagai skenario ala-ala di tempat ini.

Hasil yang Aesthetic dan Instagramable udah pasti jaminannya deh! Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Refreshing-nya dapet hasil foto dan video yang keren banget.

5. Nonton Atlet Profesional Primary Perahu Kano

Waduk Seloromo pada saat-saat tertentu digunakan oleh para atlet Perahu Kano untuk berlatih. Nah jika kamu beruntung, saat datang ke waduk ini kamu bisa melihat secara langsung ketangkasan dan keseruan para atlet profesional ini dalam mendayung.

hangout bareng keluarga
hangout bareng keluarga. google maps. sumber: Yuni Susanti

simak juga: gua pancur jimbaran

Penutup

Waduk Seloromo memang memiliki daya tarik yang luar biasa untuk memikat hati para wisatawan. Tak cukup melihat dan mendengarkan keindahannya saja dari orang lain, tapi kamu harus mencoba sendiri keindahan dan keseruannya. Selamat berlibur ke Waduk Seloromo, ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published.