Museum Jenderal Sudirman Purwokerto, Lukisan Kisah Sang Jenderal Besar

Museum Jenderal Sudirman Purwokerto, Lukisan Kisah Sang Jenderal Besar

Museum Jenderal Sudirman Purwokerto menjadi lokasi wisata edukasi yang paling cocok untuk dikunjungi, terutama bagi kaum pelajar yang wajib tahu perjuangan Sang Jenderal Besar yang pernah dimiliki Bangsa Indonesia.

Museum Jenderal Sudirman memiliki bukti-bukti otentik perjuangan Jenderal Sudirman. Mulai dari foto-foto hingga diorama kehidupan serta perjuangan beliau yang disimpan dengan rapih.

Museum Jenderal Sudirman ini pada awalnya merupakan rumah atau tempat tinggal Jenderal Sudirman setelah Ia dilantik sebagai Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat atau TKR.

simak juga: masjid saka tunggal

Museum Jenderal Sudirman ini juga sering disebut dengan nama Museum Sasmitaloka Jenderal Sudirman. Sasmitaloka diambil dari dua suku kata yaitu Sasmita yang berarti mengenang dan loka berarti tempat.

museum jenderal sudirman. google maps. sumber: Ahmad Jeffrey

Berikut gambaran tentang Museum Jenderal Sudriman selengkapnya:

Lokasi Museum Jenderal Sudirman

Lokasi Museum Jenderal Sudirman beralamat di Jalan Patimura No. 240a, Dusun II, Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk dapat sampai ke Museum Jenderal Sudirman kamu dapat berangkat dari Alun-Alun Banyumas atau Purwokerto dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua, roda empat atau transportasi umum.

Dari Alun-alun Purwokerto ke Museum Jenderal Sudirman hanya menghabiskan waktu 37 menit perjalanan dengan jarak 20 km.

Jam Buka Museum Jenderal Sudirman

  • Jam operasional Museum Jenderal Sudirman buka setiap hari Senin hingga Minggu
  • Mulai buka pada pukul 08.00 sampai 15.30 WIB.

Waktu tutup Museum Jenderal Sudirman dapat saja berbeda.

dihiasi taman yang luas
dihiasi taman yang luas. google maps. sumber: Jayson L

simak juga: telaga sunyi

Harga Tiket Masuk Museum  Jenderal Sudirman

  • Harga tiket masuk Museum Jenderal Sudirman Rp. 3.000,- consistent with orang.
  • Tidak ada biaya parkir kendaraan alias free of charge.

Fasilitas Museum  Jenderal Sudirman

Kamu bisa menjumpai beberapa fasilitas yang tersedia di Museum Jenderal Sudirman, diantaranya:

  • Bathroom,
  • Mushola,
  • Taman Bermain,
  • Diorama Jenderal Sudirman,
  • Sewa ATV, Kereta mini,
  • Warung Makanan,
  • Restoran,

Daya Tarik Museum  Jenderal Sudirman Purwokerto

1. Diorama Perjalanan Jenderal Sudirman

Ketika kamu berkujung ke Museum Jenderal Sudirman kamu dapat mengeksplor banyak sekali benda-benda peninggalan yang akan memperdalam pengetahuanmu tentang sejarah perjuangan Sang Jenderal Besar lewat diorama yang terpajang sejauh mata memandang.

salah satu diorama
salah satu diorama. google maps. sumber: Qaireen Cantik

simak juga: pancuran telu baturraden

Disini kamu juga akan menemukan pesan ethical Panglima Besar Jenderal Soedirman, yang berbunyi:

“Janganlah kamu berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, sebatang lidi tidak akan berarti apa-apa. Tetapi dalam ikatan sapu akan dapat menyapu segala-galanya”.

“Hendaknya perjuangan kita harus didasarkan atas kesucian, dengan demikian perjuangan kita selalu merupakan perjuangan antara jahat melawan suci, dan kami percaya, bahwa perjuangan suci itu senantiasa mendapatkan pertolongan dari Tuhan”.

2. Eksplor Rumah Bersejarah

Tentunya kamu akan dibuat penasaran tentang isi dari rumah Jenderal Sudriman yang saat ini dijadikan museum. Ketika memasuki pelataran museum Jenderal Sudirman, kamu akan disuguhkan dengan halaman yang luas dan bersih.

Lalu memasuki ruang tamu yang luas dengan duplikat kursi dan meja peninggalan Jenderal Sudirman. Diruangan inilah Jenderal Sudirman biasanya menerima tamu.

Tidak hanya itu, di ruang tamu ini juga terdapat kursi yang digunakan prajurit untuk menggotong Jenderal Sudirman ke medan perang.

Seperti yang kita tahu bahwa Jenderal Sudirman enggan untuk duduk manis di rumah ketika prajuritnya berada di medan perang meskipun dirinya sedang dalam kondisi sakit.

Ketika berkunjung ke museum ini kamu juga akan mendapati ruang makan yang digunakan oleh Beliau bersama keluarga atau tamu-tamunya yang datang berkunjung.

peninggalan senapan
peninggalan senapan. google maps. sumber: Qaireen Cantik

simak juga: baturraden journey woodland

Di samping meja makan terdapat rak besar yang berfungsi untuk menyimpan senapan yang digunakan oleh Jenderal Sudirman ketika berada di medan perang.

Di ruangan ke dua ini juga terdapat piring dan cangkir yang digunakan oleh keluarga Jenderal Sudirman tersimpan dengan baik dan rapih.

Sedangkan di ruangan ke tiga merupakan ruang kerja Jenderal Sudirman, tempat Jenderal Sudirman meramu strategi untuk mengalahkan musuh.

3. Taman Bermain

Selain menjadi wisata edukasi yang inexpensive, di Museum Jenderal Sudirman juga dilengkapi taman bermain anak yang seru.

Ada berbagai macam permainan seru yang bisa dicoba, seperti ayunan, slider, komedi putar, yang bisa diakses free of charge.  Ada juga wahana permainan berbayar yang tak kalah seru seperti ATV dan kereta mini.

4. Selfie di Patung Ikonik Panglima Besar Jenderal Sudirman

Hal yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke museum ini adalah berfoto di depan Patung Panglima Besar Jenderal Sudirman yang didirikan megah di museum ini.

Kamu juga bisa berfoto diantara diorama-diorama yang terpajang di sepanjang museum. Pokoknya aesthetic abis deh hasil fotonya.

patung jenderal sudirman
patung jenderal sudirman. google maps. sumber: Galih Tri Saputro 022

simak juga: new small global baturraden

5. Restoran dan Warung Makanan

Di space museum Jenderal Sudirman juga terdapat restoran dan warung-warung makanan yang menjajakan kuliner khas Banyumas atau Purwokerto. Dan yang paling penting harganya ramah di kantong wisatawan.

Jadi tunggu apalagi, yuk ajak teman, saudara, atau rombongan sekolahmu untuk berwisata edukasi di Museum Jenderal Sudirman ini!


Leave a Reply

Your email address will not be published.