Mangrove Park Pekalongan, Kondisinya Kini

Mangrove Park Pekalongan, Kondisinya Kini

Mangrove Park Pekalongan merupakan tempat wisata edukasi hutan bakau yang diresmikan pada akhir tahun 2013 oleh Menteri Kehutanan kala itu, Zulkifli Hasan.

Sejak awal diresmikannya, kawasan wisata Mangrove Park Pekalongan ini tak pernah sepi pengunjung. Namun saat ini, keadaannya sudah sangat berbeda dari awal diresmikan.

Sebagian wilayah Mangrove Park Pekalongan sudah tenggelam, bahkan garis pantainya hampir tidak terlihat. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Pekalongan telah mengalami penurunan tanah yang sudah banyak diprediksi oleh beberapa ahli beberapa tahun belakangan ini.

sebagian sudah terendam air. google maps. sumber: Akhmad Ismail

simak juga: curug muncar

Sungguh sangat disayangkan memang, mengingat hutan bakau atau mangrove sendiri berfungsi untuk mencegah terjadinya abrasi laut dan menjaga kelestarian dari berbagai biota laut.

Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Mangrove Park Pekalongan yang membuatnya ramai dikunjungi beberapa waktu lalu dan yang masih tersisa hingga saat ini.

Daya Tarik Mangrove Park Pekalongan

1. Eksplor Hutan Bakau

Eksplor hutan bakau merupakan daya tarik yang diminati pengunjung, mereka dapat menjelajahi kawasan hutan bakau dengan menggunakan sebuah perahu ataupun boat  yang sudah disediakan pengelola.

Ada satu spot yang dikenal dengan nama Lorong Cinta, yakni sebuah lorong yang terbuat dari barisan rapih hutan mangrove. Dan sering pula dijadikan spot foto oleh pengunjung yang melewatinya.

Perahu yang digunakan memiliki bentuk yang sederhana ada pula perahu boat yang telah didesign sedemikian rupan. Dia akan membawamu berkeliling di kawasan Mangrove Park selama kira-kira 30 menit lamanya.

Selain eksplor menggunakan perahu, kamu juga dapat menyusuri jembatan yang membentang di sepanjang kawasan wisata edukatif ini.

Jembatan tersebut sebagiannya hampir sejajar dengan air dan ada pula yang mulai tenggelam sehingga sudah tidak dapat dilewati kembali.

berkeliling menggunakan perahu
berkeliling menggunakan perahu. google maps. sumber: Dini Hayatus123

simak juga: wisata petungkriyono

2. Belajar tentang eksositem pantai

Ketika berwisata di Mangrove Park Pekalongan kamu akan menemukan berbagai informasi mengenai kawasan hutan bakau dan juga fungsinya. Sehingga kawasan wisata ini dapat dimasukkan kedalam kategori wisata edukasi.

3. Memancing

Pekalongan Mangrove Park juga menjadi tempat favorit bagi mereka yang hobi memancing, biasanya mereka memancing di beberapa spot yang telah disediakan hingga di space jembatannya.

4. Menara Pandang

Untuk kamu yang ingin melihat kawasan Mangrove Park Pekalongan di ketinggian dapat naik ke menara pandangnya, dimana kamu dapat menyaksikan seluruh kawasan wisata tanpa ada yang menghalangi.

panorama yang indah
landscape yang indah. google maps. sumber: Fadil aulia Hakim channel

simak juga: curug madu resmi

5. Looking Sundown

Landscape sundown yang cantik pun dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke Mangrove Park Pekalongan. Suasana romantis sangat terasa, apalagi jika datang bersama pasangan.

Lokasi Mangrove Park Pekalongan

Lokasi Mangrove Park Pekalongan berada di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute menuju Mangrove Park Pekalongan jika berangkat dari Alun Alun Kota Pengalongan dengan menuju Jl. Hasanudin hingga tiba di Jalan Progo. Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari taman hutan mangrove.

Dari Pantai Pasir Kencana hanya memerlukan waktu sekitar 8 menit saja loh….

eskplor mangrove park
eskplor mangrove park. google maps. sumber: Athfal Firdaus

Jam Buka Mangrove Park Pekalongan

  • Jam buka Mangrove Park Pekalongan setiap hari Senin hingga Minggu
  • Jam operasionalnya mulai pukul 06.00 hingga 18.00 waktu setempat

Harga Tiket Masuk Mangrove Park Pekalongan

  • Harga tiket masuk Mangrove Park Pekalongan sebesar Rp. 3.000,-
  • Parkir motor Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Fasilitas Mangrove Park Pekalongan

Fasilitas yang ada diantaranya:

  • House parkir kendaraan,
  • Bathroom,
  • Mushola,
  • Pusat informasi,
  • Menara pandang,
  • Gazebo,
mangrove park kondisi terkini
mangrove park kondisi terkini. google maps. sumber: Rokhis Khomarudin

simak juga: curug bajing

Penutup

Keadaan terkini dari Mangrove Park Pekalongan memang sudah tidak bisa dielakkan lagi, biarlah menjadi sebuah kenangan tempat wisata indah yang pernah dikunjungi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.


Leave a Reply

Your email address will not be published.