Gunung Slamet, Nikmati Samudera Awan Diatas Ketinggian

Gunung Slamet, Nikmati Samudera Awan Diatas Ketinggian

Gunung Slamet secara geografis terletak diantara 5 kabupaten, diantaranya Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Tegal.

Gunung Slamet memiliki daya tarik yang sangat luar biasa, terutama bagi mereka yang hobi muncak. Salah satunya ialah merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian mencapai 3.432 mdpl, dan merupakan gunung tertinggi ke dua di Pulau Jawa.

Samudera awan di atas ketinggian dijamin akan membuat kamu jatuh cinta akan pesona yang tersaji dipuncak Gunung Slamet ini. Selain itu, keindahan pemandangan, angin yang sejuk, dan jauh dari kebisingan suara-suara kendaraan akan didapatkan setelahnya.

gunung slamet. google maps. sumber: Ainun Wastu Alif

simak juga: gua maria kaliori

Jadi tunggu apalagi? Yuk, agendakan pekan ini untuk berkunjung ke Gunung Slamet bersama kawan atau orang terkasihmu.

Lokasi Gunung Slamet

Gunung Slamet berlokasi atau beralamat di antara 5 kabupaten, diantaranya: Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Tegal.

Perjalananmu bisa kamu mulai dari Alun-Alun Banyumas dengan mengikuti Jalan Jaya Sirayu untuk kemudian meneruskan ke Jalan Ajibarang Secang, Jalan Raya Banjarnegara-Purwokerto/Jl. Raya Karangsalam – Purwokerto Highway.

Setelah 7,2 km belok kanan untuk meneruskan ke Jalan Jenderal Suprapto. Teruskan perjalananmu ke Jalan Raya Jompo Kulon, Jalan Raya Jompo Sokaraja Banyumas dan Jalan Raya Mayjen Sungkono sejauh 5 km.

Kamu akan menemukan bundaran, terus lurus ke Jalan Ahmad Yani, belok kanan ke Jalan Jend. Sudirman. Dibundaran kedua, ambil Jalan AW Sumarmo/ Jalan Purbalingga- Bobotsari sejauh 7,5 km. Selanjutnya tetap untuk berkendara di Jalan Serayu menuju pos pendakian Gunung Samet.

keindahan alam di sekitar gunung
keindahan alam di sekitar gunung. google maps. sumber: ngindi karimul

simak juga: curug gede

Jam Buka Gunung Slamet

Objek wisata Gunung Slamet buka 24 jam dari hari Senin hingga Minggu.

Fasilitas Gunung Slamet

Fasilitas yang bisa kamu jumpai saat hendak berkunjung ke Gunung Slamet diantaranya:

  • Rest room,
  • House Parkir Kendaraan,
  • Penginapan,
  • Warung Kopi,
  • Pos Pendakian,
  • Spot Foto.
samudera awan
samudera awan. google maps. sumber: Muhammad Naufal Muzqi Yasin

simak juga: wisata pagubugan melung

Daya Tarik Gunung Slamet

1. Pesona Samudera Awan Gunung Slamet

Salah satu daya tarik wisatawan untuk mountaineering ke Gunung Slamet adalah ingin menikmati dan melihat langsung pesona samudera awan di Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa ini.

Momen-momen menikmati samudera awan tentu akan sangat berkesan dan menjadi hadiah tersendiri terkhusus bagi para pendaki. Lelahmu seolah-olah lenyap dengan melihat hamparan awan putih yang begitu indah. Apalagi jika menyaksikannnya bersama orang-orang spesial.

2. Mengabadikan Spot Sundown dan Break of day yang Menawan

Melihat Sundown atau Break of day pada saat mendaki Gunung Slamet adalah hal yang paling diburu oleh para hikers. Bayangkan kamu bisa melihat langsung momen indah ini di ketinggian 3.432 mdpl. Wonderful banget kan!

amazing view
superb view. google maps. sumber: Septian Nugraha

simak juga: telaga kumpe

3. Tenting Asik Bareng Tongkrongan

Karena daya tarik Gunung Slamet yang luar biasa, tidak heran sepanjang tahun gunung ini selalu ramai dikunjungi para pendaki dari berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga mancanegara.

Tenting di Gunung Slamet pun menjadi hal yang seru, selain menambah rasa kekeluargaan bersama kawan tongkrongan, kamu juga bisa menambah relasi baru dari para pendaki yang sama-sama sedang tenting di Gunung Slamet.

Karena berada di beberapa Kabupaten, membuat jalur menuju Puncak Gunung Slamet dapat ditempuh melalui beberapa jalur. Sedikitnya ada 6 jalur pendakian, yakni:

  • Jalur Bambangan di Kabupaten Purbalingga.
  • Jalur Guci di Kabupaten Tegal.
  • Jalur Baturraden di Kabupaten Banyumas.
  • Jalur Kaliwadas di Kabupaten Brebes.
  • Jalur Dipajaya di Kabupaten Pemalang.
  • Jalur Cemara Sakti di Kabupaten Pemalang.
jalur pendakian gunung slamet
jalur pendakian gunung slamet. google maps. sumber: Hilde Gardis Ardi Yuda

simak juga: wisata buken

Jalur yang cukup mudah untuk dilalui menuju puncak ialah Jalur Cemara Sakti yang berada di Pulosari Kabupaten Pemalang. Sedangkan jalur yang populer di kalangan para pendaki ialah melalui jalur Bambangan yang berada di Kabupaten Purbalingga.

FYI, untuk kamu yang merencanakan mountaineering ke Gunung Slamet harus mempersiapkan segalanya dengan matang termasuk kesehatan fisik hingga persediaan logistik.

Karena untuk menuju puncak dibutuhkan waktu yang lumayan lama, di semua jalurnya estimasi pendakiannya membutuhkan waktu lebih dari 9 jam bahkan ada yang mencapai 12 jam.

Penutup

Bagaimana, tertantang untuk segera mendaki ke Gunung Slamet dan menikmati sendiri daya tariknya?

Jangan lupa siapkan fisik, Psikis, serta Logistik sebaik mungkin ya. Selalu jaga kebersihan agar keindahan alam Gunung Slamet tetap terjaga.


Leave a Reply

Your email address will not be published.