Gunung Gajah Mungkur, Pesona Candi Di Penanggungan Mojokerto

Gunung Gajah Mungkur, Pesona Candi Di Penanggungan Mojokerto

Gunung Gajah Mungkur adalah pesona alam yang sangat luar biasa yang menyimpan nilai sejarah yang sangat tinggi, serta masih menyimpan sisi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Gunung Gajah Mungkur adalah anak dari Gunung Penanggungan. Maka gunung tersebut biasa disebut dengan nama Gunung Gajah Mungkur Penanggungan, dengan ketinggian 1089 mdpl.

gunung penanggungan. google maps. sumber: Choirul Hisyam

Yang paling menarik dari gunung tersebut adalah bukan hanya sekedar tentang pendakian, tenting, atau wisata alam saja. Terdapat sisi edukatif yang akan memukau mata para pengunjung.

Apa saja pesona yang ditawarkan oleh Gunung Gajah Mungkur Penanggungan Mojokerto? Yuk simak reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda. Gassskeun!

Simak juga: Waduk Gajah Mungkur Mojokerto

Lokasi Gunung Gajah Mungkur

Secara administratif lokasi Gunung Gajah Mungkur atau Gunung Penanggungan berada di antara 2 kabupaten, yaitu :

  • Kabupaten Mojokerto,
  • Dan Kabupaten Pasuruan.

Adapun lokasi jalur pendakian ke Gunung Gajah Mungkur Penanggungan terletak di Dusun Telogo, Desa Kunjoro Wesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

berfoto bersama candi
berfoto bersama candi. google maps. sumber: andy wijaya

Jalan menuju Gunung Gajah Mungkur Penanggungan hanya bisa diakses oleh kendaraan hingga sampai Desa Kunjorowesi, di Dusun Telogo.

Jarak dari Alun – Alun Mojokerto ke Desa Konjorowesi sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat. Selanjutnya parkirkan kendaraan di dekat Dusun Telogo.

simak juga: pantai sine

Sangat direkomendasikan pendakian menuju Gunung Gajah Mungkur ditemani oleh orang yang sudah pernah ke sana. Meskipun sudah terpasang papan penunjung arah, dikhawatirkan jalur di beberapa titik tertutup rerumputan.

Selain itu, persiapkan juga perbekalan sebelum menuju ke puncak Gunung Gajah Mungkur. Karena di gunung tersebut tidak ada warung yang berjualan.

Kondisi jalur trekking, atau pendakian ke Gunung Gajah Mungkur masih berupa tanah merah. Dengan demikian, faktor cuaca akan sangat menentukan kenyamanan, dan keamanan wisata anda.

Waktu tempuh trekking anda tergantung tujuan titik mana yang ingin dituju. Perlu diketahui bahwa di Gunung Gajah Mungkur sedikitnya terdapat 11 lokasi candi yang berjauhan jaraknya.

Waktu tempuh terlama menuju salah-satu lokasi candi sekitar 1 jam perjalanan. Para pengunjung sangat dilarang keras merusak alam sekitar, serta dilarang merusak batuan di komplek candi tersebut.

Harga Tiket Masuk Gunung Gajah Mungkur

  • Tiket masuk Gunung Gajah Mungkur Penanggungan Rp. 10.000.

Sebelum melakukan pendakian, para pengunjung wajib melapor terlebih dahulu kepada pihak pengelola.

camping di gunung gajah mungkur
tenting di gunung gajah mungkur. google maps. sumber: Sandhoz Mario

simak juga: tempat wisata di madura

Jam Buka Gunung Gajah Mungkur

  • Bagi anda yang tidak ingin melakukan tenting, maka Gunung Gajah Mungkur buka dari pukul 07.00 – 17.00.
  • Gunung Gajah Mungkur Mojokerto beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Gunung Gajah Mungkur

Fasilitas umum hanya terdapat di bawah, atau di space sebelum pendakian (pos registrasi). Di beberapa titik jalur pendakian sudah dilengkapi dengan papan penunjuk arah.

Daya Tarik Gunung Gajah Mungkur

Perlu diketahui bahwa nama Gunung Gajah Mungkur bukan hanya terdapat di Kabupaten Mojokerto saja, tetapi di kabupaten lain juga ada. Salah-satunya Gunung Gajah Mungkur di Kabupaten Sukoharjo.

Adapun Gunung Gajah Mungkur yang sedang dibahas saat ini adalah Gunung Gajah Mungkur Penanggungan yang terletak di Mojokerto, sebagai anak dari Gunung Penanggungan.

candi di kaki gunung
candi di kaki gunung. google maps. sumber: Made Dwi Yuliastuti

Daya tarik dari Gunung Gajah Mungkur Penanggungan Mojokerto terletak pada komplek candi yang diduga lebih besar dari Candi Borobudur.

Lokasi setiap candi terletak berjauhan, tetapi masih di kawasan Gunung Gajah Mungkur. Setiap candi tersebut memiliki nama, bentuk dan fungsi yang berbeda-beda pada jamannya.

simak juga: tempat wisata trenggalek

Adapun candi-candi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tangga Candi Kerajaan,
  • Sandaran Arca,
  • Candi Kerajaan,
  • Palungan,
  • Candi Watu Jolang,
  • Candi Dharmawangsa,
  • Candi Gajah,
  • Candi wayang,
  • Candi Kama IV, atau Gua Ramte,
  • Candi Griya,
  • Candi Menara,
tempat wisata yang anti mainstream
tempat wisata yang anti mainstream. google maps. sumber: Hendra Jet

Selain dari candi-candi tersebut, terdapat juga makam yang bernama Lokus Makam Mbah Lifah. Lokasi candi yang paling jauh adalah Candi Kerajaan.

Jarak tempuh dari pos registrasi bisa sampai 1 jam perjalanan. Perlu diingat bahwa Gunung Gajah Mungkur beserta candi-candinya sudah berstatus sebagai Cagar Budaya.

Oleh karena itu, para pengunjung dilarang keras merusak tatanan susunan batu, atau mencurat-coret batuan yang ada di kawasan tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published.